Minggu, 13 April 2014



Pengetesan Subaru Forester 2.0 Terbaru di Indonesia

By : Fitra Eri



Sementara Subaru telah memiliki XV sebagai crossover berbasis Impreza, Forester kini telah menjelma jadi SUV sesungguhnya. Tongkrongannya lebih gagah, mesin lebih kuat serta proporsi tubuh layaknya SUV.

Dari luar setiap detailnya lebih modern ketimbang model sebelumnya. Tapi ia memang belum memiliki karakter desain yang kuat. Di lain sisi, kami menyukai bentuk bumper depannya yang sporty.

Dipersenjatai mesin 1.998 cc turbo bertenaga 240 dk, mobil ini juga sangat cepat berakselerasi. Figur 0-100 km/jam dicatat dalam 8,5 detik saja. Penyaluran tenaga pun begitu halus via transmisi CVT yang diusungnya.

Pada saat berkendara santai, tak ada luapan tenaga di putaran bawah. Tapi begitu Anda memasukkan moda pengendaraan ke Sport atau Sport# (Sport Sharp), seketika Forester berubah jadi SUV yang seakan haus kecepatan sejak putaran bawah. Respons kemudi, mesin dan transmisi menjadi lebih tajam.

Didukung sistem penggerak Symmetrical AWD serta mesin boxer, Forester memiliki titik berat rendah dan mampu mencengkeram jalan secara hebat. Hebatnya, pengendalian presisi ini masih bisa dibarengi bantingan suspensi lembut.

Pengalaman berkendara di mobil ini banyak terbantu oleh posisi mengemudinya yang ergo­nomis. Banyaknya tombol di setir juga memudahkan kita melakukan pengaturan sejumlah fitur di mobil ini. Namun kami menilai desain dasbor dan instrumennya secara umum agak membosan­kan dan kurang terlihat mo­dern. Pengecualian pada display te­ngahnya yang menarik dilihat. Memang ini kembali ke selera, tapi rival SUV lainnya memiliki desain yang tak monoton.

Untunglah Forester masih memiliki sejumlah trik lain untuk menghibur penggunanya. Pertama adalah kemampuan off-road yang dimiliki. Bukan hanya dibekali ground clearance tinggi, mobil ini juga dibekali fitur khusus off-road. Sebut saja X-Mode yang akan menyetel penggerak ke posisi optimal untuk trek licin, lantas ia juga dilengkapi Hill Descent Control yang mampu menjaga kecepatan mobil di turunan curam sekalipun.

Sistem penggerak AWD yang diusungnya juga canggih. Ia mampu mebaca traksi di tiap roda dan menyalurkan tenaga ke roda yang masih punya traksi cukup untuk menerima tenaga mesin. Alhasil ia mampu keluar dari medan berat secara lebih mudah.

Dalam hal akomodasi Forester memberi kepuasan cukup baik. Bagasinya cukup besar, plus dapat dibuka secara elektrik. Bila masih kurang, Anda bisa melipat bangku tengahnya untuk menciptakan ruang barang bervolume sekitar 2.000 liter.

Dengan harga Rp 528 juta, tak pelak Forester memiliki daya tarik cukup tinggi. Apalagi dalam kondisi standar ia sudah dilengkapi sunroof besar, cruise control, kamera mundur serta sistem keyless smart key.

info by majalah autobuil..**harga sewaktu waktu dapat berubah**

Tidak ada komentar:

Posting Komentar